Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura Sosialisasi Penggunaan Gadget Dengan Bijak,Dampak dari Cyberbullying

Jumat, 09 Juli 2021 | Juli 09, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-09T09:21:44Z



Madura,harian-memo-Dalam kondisi pandemi seperti ini tentunya anak-anak dan remaja menggunakan gadget sebagai media pembelajaran secara online. Namun, saat selesai mengikuti pembelajaran apakah anak-anak dan remaja menggunakan gadget dengan cara yang semestinya.


Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura memberikan pemahaman bagaimana menggunakan gadget (bermain gadget untuk akses internet) dengan bijak. Gadget adalah istilah bahasa inggris artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus dan praktis dalam penggunaannya Semakin berkembang.


Teknologi saat ini tentunya akan banyak membawa perubahan pada kehidupan manusia. Salah satu teknologi yang berkembang adalah gadget. Tentunya anak-anak dan remaja tidak asing lagi dengan gadget."Tuturnya salah satu Mahasiswa


Bagi anak-anak dan remaja, sangat diperlukan adanya pemahaman dalam menggunakan gadget. Adapun jenis-jenis dari gadget yaitu smarthphone, ipad, laptop dan lain-lain. Penggunaan gadget oleh anak-anak dan remaja tentunya tidak terlepas dari dampak positif dan dampak negatif. 


Dampak positifnya yaitu dapat Menambah wawasan dan memudahkan dalam mencari dan mengetahui informasi terkini melalui internet, Memperbanyak teman tanpa dibatasi jarak dan waktu, Penunjang kegiatan pembelajaran. 


Untuk dampak negatifnya yaitu Resiko terkena radiasi, Kecanduan, Lambat dalam memahami pelajaran, Resiko penyalahgunaan internet, Mengurangi sifat sosial manusia.


Namun nyatanya sehari-hari tidak sedikit yang menunjukkan bahwa anak-anak dan remaja yang melakukan tindak kejahatan online. Salah satu dampak negatif dari gadget adalah resiko penyalahgunaan internet. Jika anak-anak dan remaja menggunakan internet dengan tidak bijak akan rentan terjadinya cyberbullying."Tuturnya


"Tambahnya,(Cyberbullying) yaitu menyalah gunakan internet untuk melecehkan, mengancam, mempermalukan dan mengejek orang lain. Media yang sering digunakan dalam cyberbullying yaitu Line, Instagram, Twitter, Fcebook, dan Whatsaap. 


Adapun bentuk-bentuk dari cyberbullying Flaming (Pertengkaran dengan melibatkan kemarahan dan bahasa vulgar yang dilakukan secara online), Harrassment (Pesan yang buruk, kejam dan menghina yang dikirim secara berulang), Denigration (Membuat rumor negatif sehingga bisa merusak relasi korban cyberbullying), Outing (Menyebarkan rahasia, informasi atau gambaran yang memalukan orang lain secara online).


Bagaimana cara menggunakan gadget dengan bijak sehingga tidak terjadi tindakan cyberbullying.

Membatasi screen time, Pilih konten yang berkualitas, Jaga keseimbangan antara online dan offline, Membuat batasan atau aturan selama penggunaan gadget, Temukan kegiatan lain sebagai alternatif, Meminta orang tua untuk meningatkan batasan atau mendampingi, Membuat rencana pengerjaan tugas.Pungkasnya